Senin, 10 Desember 2012

Mematuhi peraturan sekolah

Tata Tertib Sekolah
            Manusia diciptakan sebagai makhluk pribadi dan makhluk sosial. Setiap manusia akan mencoba untuk hidup sesuai dengan kodratnya itu. Namun selalu ada dua kemungkinan ketika manusia menjalankan kodratnya, yaitu semua yang di inginkannya bisa berjalan mulus atau malah menghadapi banyak hambatan. Masalah- masalah sangat mungkin muncul karena setiap manusia mempunyai keinginan, harapan, dan target hidupnya sendiri, serta dirinya sebagai makhluk yang bebas.
Ketika terjadi perbedaan cara dalam menjalani hidup ini, manusia menjadi sadar bahwa ia membutuhkan aturan, kaidah, tata cara, atau system tertentu dengan tujuan agar kehidupan menjadi lebih tertata, berjalan lancer, sesuai dengan yang diinginkan maka inilah yang di sebut Tata Tertib.Tata tertib diperlukan oleh diri sendiri maupun dalam relasi dengan orang lain.Agar terjadi keselarasan pola tingkah lakunya dengan masyarakat, manusia harus menerima dan menjalankan tata tertib yang berlaku.
            Sekolah sebaga lembaga pendidikan, juga memberlakukan tata tertib untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar. Tata Tertib Sekolah adalah serangkaian peraturan, tata nilai atau moral yang berlaku di lembaga sekolah. Tata tertib Sekolah disusun agar pola tingkah laku sumber daya manusia yang ada di dalamnya sesuai dengan Visi dan Misi sekolah, serta untuk menjunjung tata nilai yang relevan dengan norma- norma dunia Pendididkan. Selain itu Tata Tertib sekolah di buat untuk membantu kegiatan belajar siswa. Dengan tata tertib, kegiatan belajar di sekolah dapat berlangsung dengan teratur, lancar, dan nyaman. Hal ini akan memunculkan kondisi sekolah yang tertib, disiplin, adil, dan kondusif untuk beraktivitas. Mematuhi tata tertib menjadi bagian penting proses pendewasaan diri, dan kesadaran diri siswa. Dengan Tata tertib Sekolah, siswa diharapkan memahami arti penting menghormati sistem yang berlaku didalam kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar